Laman

Selasa, 26 Juli 2011

STOP menyalahkan !

Apakah kita termasuk jenis orang yang suka menyalahkan orang lain ? nah, kita bisa mulai waspada sama karakter kita sendiri kalau punya sifat-sifat di bawah ini :
  1. Saat terjadi suatu yang buruk kita selalu menyalahkan orang lain atas kondisi kita.
  2. Kita selalu menempatkan diri kita sebagai korban atas kejahatan yang dilakukan oleh orang lain .Semua kesalahan yang terjadi seolah-olah diciptakan oleh orang lain dan kitalah yang menanggung akibatnya.
  3. Kita selalu merasa benar ,saat berdebat dengan orang ,dan cenderung gamau kalah .

Kenapa dan Apa Penyebabnya ?
Sebelumnya kita harus tahu dulu bahwa ada dua tipe orang yang suka menyalahkan orang lain. Menurut Reza Borr seorang life coach dari website www.rezaaa.com ,tipe tersebut adalah :
  1. Orang yang menyalahkan orang lain untuk keuntungan mereka sendiri .Biasanya jenis ini bisa kita lihat pada para politikus yang sedang bersaing dalam kampanye mereka. Tipe seperti ini akan memamerkan kesalahan lawan mereka untuk meninggikan posisi mereka di mata publik.
  2. Orang yang menyalahkan orang lain untuk menutupi kesalahan mereka sendiri. Sebenarnya, walau tipe kedua ini terlihat engga sejahat tipe pertama tapi tipe kedua ini lebih payah loh. Orang yang termasuk tipe kedua ini biasanya adalah orang yang gampang menyerah dan cenderung jadi pecundang karena mereka ga pernah benar-benar berani maju .
Nah, jadi apa penyebab karakter ini bisa mendominasi sifat seseorang ?
  • Pola Asuh .bukannya mau menyalahkan orang lain ,tapi pada kenyataannya cara bagaimana kita dibesarkan memang sangat mempengaruhi kita nantinya. Menurut Clifford N. Lazarus Ph.D ,direktur klinik The Lazarus Intitute New Jersey ,hal ini disebabkan saat kita kecil orang tua kita sering menyalahkan orang lain atau benda-benda disekitar kita .Misalnya,saat kita jatuh dan menangis,orangtua kita akan menepuk lantai dan pura-pura memarahinya karena membuat kita jatuh.
  • Takut .saat kita ngerasa kita gapunya kontrol atas apa yang terjadi,dan mulai merasa panik,biasanya kita mulai menyalahkan orang lain atas kondisi kita. Dengan menyalahkan orang lain,kita akan merasa lebih aman .Misalnya,kita takut ga naik kelas. Lantas kita mulai menyalahkan salah satu guru karena memberi kita nilai yang ga adil.
  • Mengontrol Orang Lain .dengan menyalahkan orang lain dan membuat mereka berasa buruk dan bersalah,kita akan lebih mudah mengatur mereka untuk melakukan segala sesuatu sesuai kemauan kita.Misalnya, kita bilang teman kita sombong karena saat mereka gabisa main sama kita. Sepele memang,tapi itu adalah salah satu bentuk kontrol dengan cara menyalahkan orang lain.
  • Nggak Bisa Menerima Kenyataan .beda sama takut,dalam kasus ini kita menyalahkan orang lain karena kita ga mau mengakui ada hal buruk yang terjadi sama kita .Misalnya,kita marah sama temen karena dia mengaku melihat pacar kita jalan sama orang lain.Padahal jauh di dalam hati kita tahu pacar emang ga selalu setia.
  • Tidak Mau Mengakui Tanggung Jawab .hal ini biasanya kita lakukan karena ga mau mengakui kalau kita gagal. Saat kita mengeluarkan alasan kita terlambat gara-gara macet, sebenarnya kita sedang menolak mengakui tanggung jawab kita untuk datang tepat waktu dan menyalahkannya pada kemacetan jalan.
STOP NOW !
 Engga ada gunanya kita punya sifat yang ga keren ini . Sekarang setelah kita tahu ciri-ciri dan penyebabnya waktunya kita menghentikannya. Menurut M. Faruok Radwan MSc, penulis buku 2know Myself, cara-cara di bawah ini bisa kita lakukan unutk menghentikan kebiasaan buruk tadi.
  1. Ingat selalu kalau kita hanya manusia biasa. Mengakui kesalahan kita ga bakal bikin kita lebih buruk dibanding orang lain kok. Dengan mengakui kesalahan,dan bahkan berani meminta maaf karena sudah melakukannya,kita memberi diri sendiri poin bonus. Dan bisanya orang yang mau mengakui kesalahannya jauh lebih dihargai dibanding orang yang bersembunyi dibalik orang lain.
  2. Belajar menerima kenyataan saat hal yang tidak menyenangkan terjadi, jangan malah fokus mencari siapa yang bisa disalahkan . Awalnya memang ga menyenangkan dan mungkin sakit,tapi kita akan jadi lebih cepat melanjutkna hidup kita seperti sedia kala. Engga perlu memikirkan pacar yang hobi selingkuh lagi, atau eskul yang gabisa kita masuki.
  3. Perkecil rasa ingin menang sendiri ,yang satu ini mungkin yang paling sulit buat dilakukan ,karena ego memang sulit buat ditaklukan. Tapi inget saja ,menelan sedikit ego kita bukan berarti akhir dunia kok. Saat bikin kesalahan alih-alih ngeles ,bilang saja maaf dan janji untuk tidak mengulanginya lagi. Kalaupun orang yang kita rugikan marah ,terima saja rasa kesal mereka. Toh kiat memang salah. memangnya kalian mau bermusuhan dengan semua orang karena terus-terusan ngeles.
ingat ya Jadikan Kesalahan Kita Sebagai Bahan Pelajaran Buat Selanjutnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar